Our social:

Thursday 17 March 2016

Router dasar dengan Cisco




Routing adalah proses pengiriman data maupun informasi dengan meneruskan paket data yang dikirim dari jaringan satu ke jaringan lainnya. Dalam jaringan WAN kita sering mengenal yang namanya TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol) sebagai alamat sehingga pengiriman paket data dapat samapi ke alamat yang dituju (host tujuan). TCP/IP membagi tugas masing-masing mulai dari penerimaan paket data sampai pengiriman paket data dalam sistem, sehingga jika terjadi permasalahan dalam pengiriman paket data dapat dipecahkan dengan baik. Berdasarkan pengiriman paket data, routing dibedakan menjadi:
a.    Routing langsung : merupakan sebuah pengamatan secara langsung menuju alamat tujuan tanpa melalui host lain.
b.    Routing tidak langsung: merupakan sebuah pengamatan yang harus melaui lamat host lain sebelum menuju alamat host tujuan.
Jenis Konfigurasi Routing
Jenis konfiguras routing dibedakan menjadi 3, yaitu:
1.    Minimal Routing, merupakan proses routing sederhana dan biasanya hanya pemakaian local saja.
2.    Static Routing, dibangun pada jaringan yang dimiliki banyak gateway, jenis ini hanya memungkinkan untuk jaringan kecil dan stabil.
3.    Dynamic Routing, biasanya digunakan pada jaringan yang memiliki lebih dari satu rute. Dynamic routing memerlukan routing protocol untuk membuat table routing yang dapat memakan resource computer.

0 comments:

Post a Comment