Our social:

Sunday 13 March 2016

Konsep dasar servlet

Servlet api terdiri atas 2 package, yaitu javax.servlet dan javax.servlet.http. package ini merupakan package di luar JAVA SE dan didistribusikan bersama dengan package JAVA EE SERVLET yang mengimplementasikan interface javax.servlet.


Servlet sendiri sebenarnya hanyalah sebuah class java. Namun perbedaannya dari class java biasa adalah servlet merupakan turunan dari class HTTPServlet. Tujuan menurunkan class HTTPServlet adalah agar class java(servlet) yang bisa dimenjalankan mekanisme request-response melalui protocol HTTP, di mana aplikasi web akan berjalan.


HTTPServlet merupakan class abstrak, sehingga untuk menggunakan servlet kita harus mengimplementasikan salah satu method yang ada, yaitu doGET() dan doPOST(), yang merupakan metode penerimaan request melalui protocol HTTP.

Perbedaan doGET() dan doPOST() secara mudah terlihat pada URL-nya. Ciri dari doPOST() adalah URL yang pendek tanpa terlihat isi parameter.  Jadi, jika data yang dikirim bersifat rahasiamisalna pada form login maka gunakanlah doPOST(), namun jika data tidak begitu penting semisal link gunakan saja doGET().

0 comments:

Post a Comment