Our social:

Monday 14 March 2016

Komponen dalam aplikasi android

Komponen dalam aplikasi android merupakan bagian penting dari sebuah apliaski android. Setiap komponen mempunya fungsi yang berbeda, dan antara komponen mempunyai fungsi yang berbeda, dan antara komponen satu dan yang lainnyabersifat saling melengkapi. Berikut ini diantaranya komponen aplikasi yang harus wajib kita ketahui, yaitu:

1.    Activities
Activity merupakan satu halaman antarmuka yang bisa digunakan oleh user untuk berinteraksi dengan aplikasi. Biasanya dalam satu activity terdapat Button, ListView, EditText, dan sebagainya. Dalam satu aplikasi bisa terdiri atas lebih dari satu activity.

2.    Services
Merupakan kompinen aplikasi yang bisa berjalan secara background misalnya digunakan untuk memuat data dari server database. Selain itu, aplikasi music player atau radio juga memanfaatkan services supaya apliaskinya bisa tetap berjalan meskipun user melakukan aktivitas dengan aplikasi lain.

3.    Content Provider
Komponen ini digunakan untuk mengelola data sebuah aplikasi, misalnya kontak telepon. Siapapun bisa membuat apliaksi android dan bisa mengakses kontak yang terdapat pada sistem android, maka kita memerlukan komponen yang disebut content provider.

4.    Broadcast Receiver
Fungsi komponen ini sama seperti bahasa terjemahanya, yaitu penerima pesan. ,isalnya pada kasus baterai lemah, sistem android dirancang menyampaikan “pengumuman” secara otomatis jika baterai habis. Apabila aplikasi yang kita buat dilengkapi dengan komponen broadcast receiver, maka kita bisa mengambil tindakan seperti menyimpan keudian menutup aplikasi atau tindakan yang lain.

0 comments:

Post a Comment