Our social:

Monday 14 March 2016

Mengenal lebih dekat dengan Android

Android merupakan sebuah sistem operasi berbasis linux yang didesain khusus untuk perangkat bergerak seperti smartphone atau tablet. Sistem operasi Android bersifat open source sehingga banyak sekali programmer yang berbondong-bondong membuat aplikasi maupun memodifikasi sistem operasi ini.
Berdasarkan informasi dari situs resmi (www.android.com) , setiap hari terdapat lebih dari satu juta perangkat android diaktifkan da diperkirakan akan terus meningkat. Gambar 1.1 menunjukan perkembangan sistem operasi Android dimulai dari taung 2009 hingga tahun 2013. Grafik ini menunjukan informasi bahwa persebaran pengguna sistem operasi Android jumlahnya terus meningkat. Dengan demikian, terbuka peluang yang besar bagi para programmer untuk terlibat dalam pengembangan aplikasi Android.
Selain itu sistem operasi android juga mendukung banyak fitur yang salah satunya adalah framework dalam pengembangan aplikasinya. Aplikasi android secara native dapat dikembangkan dengan bahasa Java atau C, sedangkan framework-na menggunakan editor eclipse dan SDK Android. Ada juga yang dikembangkan menggunakan framework lain seperti:
1.    Basic4android: bahasa pemrogram basic.
2.    Android Air: bahasa pemrograman ActionScript.
3.    Phonegap: bahasa pemroraman HTML5 dan JavaScript.
4.    PHP for Android: bahasa pemrogaman menggunakan PHP.
5.    AndEngine: Framework untuk mengembangkan game Android.

0 comments:

Post a Comment